kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 195
SEJARAH INDONESIA SOAL-SOAL
Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 195
Hari ini saya ingin memposting mengenai kunci jawaban dari soal Sejarah Indonesia Latih Uji Semester Halaman 195 . Untuk menanggapi komentar dari postingan Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Halaman 123.
Yuk yang mau tahu langsung simak aja ya :D
1. Berikan penilaian tentang kedatangan sekutu di Indonesia kaitannya dengan tugas resmi dan praktiknya di Lapangan.
>> Penilaian saya mengenai kedatangan sekutu di Indonesia kaitannya dengan tugas resmi dan praktiknya di Lapangan sangatlah tidak sesuai dengan apa yang mereka rencanakan. Dalam praktek di lapangan mereka menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat rakyat Indonesia jauh lebih susah.
2. Jelaskan bagaimana keadaan Indonesia pada awal kemerdekaan !
>> Keadaan Indonesia pada awal kemerdekaan jelas masih belum tertata rapi terutama sistem pemerintahannya yang masih berantakan sehingga banyak sekali yang perlu di perbaiki dan di tata terutama kehidupan sosialnya
3. Lakukan analisis kritis , tentang kematian Jendral Mallaby di Surabaya !
>> Kematian Jendral Mallaby di Surabaya karena meledaknya mobil yang di kendarai oleh Mallaby yang saat itu sedang berada di trem listrik.
4. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Medan Area!
>> Medan Area adalah sebuah peristiwa yang di mulai tanggal 13 Oktober 1945 yang kemudian berlanjut tanggal 1 Desember 1945 dan kemudian tanggal 10 Agustus 1946 adanya pertemuan pasukan - pasukan yang akan berjuang di Medan Area.
5. Lakukan telaah kritis mengapa Belanda sangat mendukung dilaksakannya Perjanjian Linggarjati !
>> Pihak Belanda masih sangat mendukung dilaksanakannya Perjanjian Linggarjati karea mereka berharap suatu saat nanti mereka akan menjadikan tanah Hindia Belanda ini sebagai tanah air mereka dalam bentuk persemakmuran. Oleh karena itu mereka tetap bertahan.
6. Perjanjian Renvile adalah sebuah petaka bagi bangsa Indonesia , jelaskan !
>> Perjanjian Renville menimbulkan malapetaka bagi rakyat Indonesia karena pembentukan pemerintahan peralihan yang tidak sesuai dengan yang terdapat dalam perjanjian Linggarjati. Selain itu adanya pertimbangan mengenai salah satunya isinya yang menyatakan bahwa kedaulatan Indonesia berada di tangan Belanda selama masa peralihan sampai penyerahan kedaulatan.
7. Berikan penilaian tentang peran Komisi Tiga Negera di Indonesia.
>> Peran Komisi Tiga Negara cukup berharga di Indonesia , dengan hadirnya KTN membuat bangsa Indonesia menjadi lebih di harga i dan kemudian menempatkan Indonesia lebih banyak didukung oleh negara-negara lain.
8. Bagaimana pandangan kamu tentang tokoh Sudirman yang memilih meninggalkan istana untuk kemudian memimpin perang gerilya, jelaskan secara kritis!
>> Pandangan saya tentang tokoh Sudirman yang memilih meninggalkan istana hanya ntuk kemudian memimpin perang gerilya ini cukup baik karena dapat menambah semangat dari para pasukan TKR dan para pejuang.
9. Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang, Pilihkan tiga nilai yang dapat di amalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang.
>> Tiga nilai kejuangan para tokoh revolusi yang dapat di amalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang adalah seperti persatuan dan kesatuan agar kita sebagai rakyat Indonesia yang beraneka ragam ini tidak terpecah belah dan kemudian nantinya akan dijajah kembali, lalu yang kedua adalah rela berkorban dan tanpa pamrih terutama untuk mengharumkan nama baik Indonesia dan yang ketiga adalah saling pengertian dan harga menghargai, dimulai dari hal kecil yaitu menghormati orang yang beragama dan kemudian tidak membedakan suku maupun ras hingga menghargai pendapat orang lain dan lain sebagainya.
10. Tulislah singkat dua tokoh yang paling berkesan di masa kemerdekaan dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan!
>> Untuk dua tokoh yang paling berkesan di masa kemerdekaan dan perjuangan dalam mempertahanan kemerdekaan Indonesia menurut saya yang pertama adalah Jendral Sudirman, ia rela meninggalkan istananya , tempat nyamannya ketika mengetahui Letkol Isdiman gugur. Dan yang kedua adalah Sutomo atau Bung Tomo tokoh pemuda dari Surabaya yang membakar semangat arek-arek Surabaya dengan Radio Pemberontaknya.
KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA KELAS XI 11
HALAMAN 91 REVISI 2017
SOAL
1.Lengkapilah kalimat-kalimat majemuk di bawah ini dengan kata penghubung yang tepat!
a.Kak Agus memberi minuman pada seorang kakek ... sedang duduk di bawah pohon rambutan itu.
b.Mereka memperkirakan ... hari ini akan hujan dengan sangat lebat.
c.Dia mengatakan tidak punya uang... saya tahu bahwa dia itu baru gajian.
d.Minggu depan ibu ingin berwisata ke Jakarta, ... kami ingin ke Yogyakarta.
e.Bu Marini akan memberi tahu suaminya ... meneleponnya nanti malam.
2.Berdiskusilah dalam kelompok! Temukanlah contoh-contoh kalimat
majemuk dalam salah satu teks ceramah di atas. Jelaskan pula jenis dari
kalimat-kalimat majemuk tersebut.
1.Topik Ceramah
2.Kalimat Majemuk Bertingkat
3.Jenis Kalimat
JAWABAN
1.a.yang
b.bahwa
c.padahal
d.makanya
e.dengan
2.1.Topik ceramah = keterampilan berbahasa
2.Kalimat majemuk
a.Kalimat Majemuk Hubungan-Cara
*bukti = suatu ketika saya melihat beberapa orang siswa asyik berjalan di depan sebuah kelas dengan langkahnya yang cukup membuat orang di sekitarnya merasa bising.
b.Kalimat majemuk hubungan atributif
*bukti = Penggunaan bahasa yang acak-acakan juga banyak dipelopori oleh kalangan pebisnis.
3.jenis kalimat majemuk bertingkat
kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 195,tugas bahasa indonesia kelas 11 halaman 195,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 195 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 195,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11 halaman 195,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 153,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 revisi 2017 halaman 153,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 195 kelas 10,tugas bahasa indonesia kelas 11 halaman 153
Jenis Ancaman
|
Bentuk Strategi
|
Indikator Keberhasilan
|
Ancaman bermuatan Ideologi
|
Upaya menghadapi atau menangkal ancaman ini adalah dengan kebijakan dan langkah-langkah politik yang tepat dan intensif untuk mencegah meluasnya pengaruh ideologi lain terhadap ideologi Pancasila.
Bentuk strategi :
1. Lapisan terdepan dalam konsep penanganannya terdiri atas unsur-unsur pertahanan nirmiliter,
2. Penguatan unsur kementrian baik dalam maupun luar negeri untuk menangkal usaha-usaha pihak-pihak yang mengancam Pancasila.
3. Adanya informasi dari pemerintah untuk rakyat agar tidak tepengaruh oleh berbagai pengaruh asing.
4. Pembelajaran mengenai Pancasila dan kesadaran ideologi kepada para siswa hingga mahasiswa.
5. Membeerdayakan para pemimpin agama untuk menjadi mitra pemerintah dalam menyinergikan strategi untuk membentengi masyarakat dari penetrasi ideology asing.
6. Program pelaksanaan bakti TNI.
|
- banyaknya iklan yang memuat mengenai pentingnya ideology
- telah di tanamkan sejak dini mengenai pelajaran Pancasila kepada para siswa dan hingga mahasiswa.
|
Ancaman bermuatan Politik
|
1) Pendekatan ke dalam, yaitu pembangunan dan penataan sistem politik dalam negeri yang sehat dan dinamis dalam kerangka negara demokrasi yang menghargai kebhinnekaan atau kemajemukan bangsa Indonesia.
a. Penguatan penyelenggaraan pemerintahan negara yang sah, efektif, bersih, berwibawa, bebas KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) dan bertanggung jawab
b.Penguatan lembaga legislatif sehingga menjadi lembaga yang berkualitas dan profesional pada bidangnya.
c. Penguatan kekuatan politik nasional baik partai politik maupun organisasi masyarakat sebagai alat untuk memberdayakan masyarakat sebagai subjek politik dan pembangunan nasional.
2. Pendekatan ke luar yang diarahkan untuk mendinamisasikan strategi dan upaya diplomatik melalui peningkatan peran instrumen politik luar negeri dalam membangun kerja sama dan saling percaya dengan negara-negara lain
a. Pada lingkup internal, yaitu melalui penciptaan, pembangunan, dan peningkatan kondisi dalam negeri yang semakin mantap dan stabil,
b. Pada lingkup regional, politik dan diplomasi Indonesia diarahkan untuk selalu aktif dan berperan dalam membangun dan meningkatkan kerja sama dengan negara lain dalam kerangka prinsip saling percaya,
c. Pada lingkup supraregional, politik luar negeri dikembangkan untuk berperan dalam penguatan ASEAN plus Enam yang terdiri atas 10 negara anggota bersama-sama dengan Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru,
d. Pada lingkup global, politik luar negeri harus memainkan perannya secara maksimal dalam memperjuangkan kepentingan nasional
|
- di bentuknya KPK untuk menjaring koruptor dan memberantas korupsi
- ditegakkannya hokum dan keadilan serta pemberantasan calo-calo dan lain sebagainya di berbagai tempat.
|
Ancaman bermuatan Ekonomi
|
1. Untuk menghadapi ancaman berdimensi ekonomi dari internal, prioritas kebijakan dapat berupa penciptaan lapangan kerja padat karya
2.Untuk menghadapi ancaman berdimensi ekonomi dari eksternal, Indonesia harus membangun dan menjaga hubungan baik dengan negara-negara utama dalam tatanan ekonomi-politik dunia.
3. Adanya keterlibatan lapis pertahanan militer.
|
- di sediakannya dana dan juga lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang kurang mampu.
- adanya berbagai fasilitas di daerah untuk mengembangkan kreatifitas, keterampilan dan juga pendidikan bagi masyarakat.
|
Ancaman bermuatan Sosial Budaya
|
Bangsa Indonesia berusaha memelihara keseimbangan dan keselarasan fundamental, yaitu keseimbangan antara manusia dengan alam semesta, manusia dengan masyarakat, manusia dengan Tuhan, keseimbangan kemajuan lahir dan kesejahteraan batin. Kesadaran akan perlunya keseimbangan dan keserasian melahirkan toleransi yang tinggi, sehingga menjadi bangsa yang berbhinneka dan bertekad untuk selalu hidup bersatu dengan memperhatikan perkembangan tradisi, pendidikan, kepemimpinan, integrasi nasional, kepribadian bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa, dan pelestarian alam.
|
- Seringnya suatu acara di taman budaya untuk mengapresiasi dan juga menjadi wahana bagi mereka yang ingin mengembangkan bakatnya disamping juga bertujuan untuk tidak menghilangkan kebudayaan bangsa dan memperkenalkannya pada generasi muda.
|
Ancaman di bidang Teknologi Informasi
|
Penyuluhan pada setiap lapisan masyarakat bagaimana cara dan penggunaan serta dalam menyikapi teknologi dengan baik.
|
- Penggunaan internet yang lebih diarahkan seperti adanya rapor online atau ujian online
-pemberantasan situs-situs yang tidak baik untuk ditayangkan
- pengetatan pada setiap jaringan perangkat yang ingin mengakses ke situs-situs atau web yang tidak berkenan.
|
Ancaman di bidang keselamatan umum
|
1.Peringatan dini bagi masyarkaat yang tinggal atau bertempat tinggal di lingkungan yang rawan akan bahaya.
2.Memberikan cara untuk masyarakat dalam mengantisipasi bahaya.
3.Adanya banner atau iklan di sepanjang jalan maupun media masa, cetak, dan maya untuk mengingatkan masyarakat akan suatu pentingnya keselamatan dan juga kesehatan.
|
- Adanya tim sukarelawan yang ditugaskan pada daerah atau titik rawan bencana
- pembangunan daerah yang rawan banjir oleh pemerintah.
|
Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 195
Hari ini saya ingin memposting mengenai kunci jawaban dari soal Sejarah Indonesia Latih Uji Semester Halaman 195 . Untuk menanggapi komentar dari postingan Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Halaman 123.
Yuk yang mau tahu langsung simak aja ya :D
1. Berikan penilaian tentang kedatangan sekutu di Indonesia kaitannya dengan tugas resmi dan praktiknya di Lapangan.
>> Penilaian saya mengenai kedatangan sekutu di Indonesia kaitannya dengan tugas resmi dan praktiknya di Lapangan sangatlah tidak sesuai dengan apa yang mereka rencanakan. Dalam praktek di lapangan mereka menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat rakyat Indonesia jauh lebih susah.
2. Jelaskan bagaimana keadaan Indonesia pada awal kemerdekaan !
>> Keadaan Indonesia pada awal kemerdekaan jelas masih belum tertata rapi terutama sistem pemerintahannya yang masih berantakan sehingga banyak sekali yang perlu di perbaiki dan di tata terutama kehidupan sosialnya
3. Lakukan analisis kritis , tentang kematian Jendral Mallaby di Surabaya !
>> Kematian Jendral Mallaby di Surabaya karena meledaknya mobil yang di kendarai oleh Mallaby yang saat itu sedang berada di trem listrik.
4. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Medan Area!
>> Medan Area adalah sebuah peristiwa yang di mulai tanggal 13 Oktober 1945 yang kemudian berlanjut tanggal 1 Desember 1945 dan kemudian tanggal 10 Agustus 1946 adanya pertemuan pasukan - pasukan yang akan berjuang di Medan Area.
5. Lakukan telaah kritis mengapa Belanda sangat mendukung dilaksakannya Perjanjian Linggarjati !
>> Pihak Belanda masih sangat mendukung dilaksanakannya Perjanjian Linggarjati karea mereka berharap suatu saat nanti mereka akan menjadikan tanah Hindia Belanda ini sebagai tanah air mereka dalam bentuk persemakmuran. Oleh karena itu mereka tetap bertahan.
6. Perjanjian Renvile adalah sebuah petaka bagi bangsa Indonesia , jelaskan !
>> Perjanjian Renville menimbulkan malapetaka bagi rakyat Indonesia karena pembentukan pemerintahan peralihan yang tidak sesuai dengan yang terdapat dalam perjanjian Linggarjati. Selain itu adanya pertimbangan mengenai salah satunya isinya yang menyatakan bahwa kedaulatan Indonesia berada di tangan Belanda selama masa peralihan sampai penyerahan kedaulatan.
7. Berikan penilaian tentang peran Komisi Tiga Negera di Indonesia.
>> Peran Komisi Tiga Negara cukup berharga di Indonesia , dengan hadirnya KTN membuat bangsa Indonesia menjadi lebih di harga i dan kemudian menempatkan Indonesia lebih banyak didukung oleh negara-negara lain.
8. Bagaimana pandangan kamu tentang tokoh Sudirman yang memilih meninggalkan istana untuk kemudian memimpin perang gerilya, jelaskan secara kritis!
>> Pandangan saya tentang tokoh Sudirman yang memilih meninggalkan istana hanya ntuk kemudian memimpin perang gerilya ini cukup baik karena dapat menambah semangat dari para pasukan TKR dan para pejuang.
9. Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang, Pilihkan tiga nilai yang dapat di amalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang.
>> Tiga nilai kejuangan para tokoh revolusi yang dapat di amalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang adalah seperti persatuan dan kesatuan agar kita sebagai rakyat Indonesia yang beraneka ragam ini tidak terpecah belah dan kemudian nantinya akan dijajah kembali, lalu yang kedua adalah rela berkorban dan tanpa pamrih terutama untuk mengharumkan nama baik Indonesia dan yang ketiga adalah saling pengertian dan harga menghargai, dimulai dari hal kecil yaitu menghormati orang yang beragama dan kemudian tidak membedakan suku maupun ras hingga menghargai pendapat orang lain dan lain sebagainya.
10. Tulislah singkat dua tokoh yang paling berkesan di masa kemerdekaan dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan!
>> Untuk dua tokoh yang paling berkesan di masa kemerdekaan dan perjuangan dalam mempertahanan kemerdekaan Indonesia menurut saya yang pertama adalah Jendral Sudirman, ia rela meninggalkan istananya , tempat nyamannya ketika mengetahui Letkol Isdiman gugur. Dan yang kedua adalah Sutomo atau Bung Tomo tokoh pemuda dari Surabaya yang membakar semangat arek-arek Surabaya dengan Radio Pemberontaknya.
KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA KELAS XI 11
HALAMAN 91 REVISI 2017
SOAL
1.Lengkapilah kalimat-kalimat majemuk di bawah ini dengan kata penghubung yang tepat!
a.Kak Agus memberi minuman pada seorang kakek ... sedang duduk di bawah pohon rambutan itu.
b.Mereka memperkirakan ... hari ini akan hujan dengan sangat lebat.
c.Dia mengatakan tidak punya uang... saya tahu bahwa dia itu baru gajian.
d.Minggu depan ibu ingin berwisata ke Jakarta, ... kami ingin ke Yogyakarta.
e.Bu Marini akan memberi tahu suaminya ... meneleponnya nanti malam.
2.Berdiskusilah dalam kelompok! Temukanlah contoh-contoh kalimat
majemuk dalam salah satu teks ceramah di atas. Jelaskan pula jenis dari
kalimat-kalimat majemuk tersebut.
1.Topik Ceramah
2.Kalimat Majemuk Bertingkat
3.Jenis Kalimat
JAWABAN
1.a.yang
b.bahwa
c.padahal
d.makanya
e.dengan
2.1.Topik ceramah = keterampilan berbahasa
2.Kalimat majemuk
a.Kalimat Majemuk Hubungan-Cara
*bukti = suatu ketika saya melihat beberapa orang siswa asyik berjalan di depan sebuah kelas dengan langkahnya yang cukup membuat orang di sekitarnya merasa bising.
b.Kalimat majemuk hubungan atributif
*bukti = Penggunaan bahasa yang acak-acakan juga banyak dipelopori oleh kalangan pebisnis.
3.jenis kalimat majemuk bertingkat
0 komentar:
Posting Komentar